Limfoma

Limfoma adalah kanker darah yang berkembang pada limposit, yang merupakan jenis sel darah putih. sel tersebut dapat membantu melawan penyakit dan kuman dalam tubuh serta memainkan peran penting dalam pertahanan kekebalan tubuh. Hal ini dapat terjadi pada usia berapa pun, bahkan pada anak-anak.

Dilansir dari cancer.org, Limpoma terdiri dari 5 jenis yaitu:

Limfoma Hodgkin

Limfoma Hodgkin (penyakit Hodgkin) adalah kanker yang dimulai pada sel darah putih yang disebut limfosit. Limfosit adalah bagian dari sistem kekebalan tubuh. Pada penderita limfoma Hodgkin, kanker biasanya bergerak dari satu kelenjar getah bening ke kelenjar getah bening lain yang berdekatan.

Penyakit ini dapat terjadi pada usia berapa pun, meskipun kebanyakan orang yang didiagnosis berusia antara 15 dan 34, atau lebih dari 60 tahun. Saat ini banyak orang didiagnosis menderita Limfoma Hodgkin tahap awal dan sebagian besar berhasil diobati.

Limfoma non-Hodgkin (nhl)

Jika Limfoma Hodgkin mengandung sel-sel abnormal yang disebut ‘sel Reed-Sternberg’. NHL adalah limfoma yang tidak mengandung jenis sel ini. Ada banyak subtipe yang termasuk dalam kategori ini. Limfoma sel B besar dan limfoma folikel adalah salah satu subtipe yang paling umum

Related posts