bagaimana sih cara mengatasi bayi kuning

Cara Paling Ampuh Mengatasi Bayi Kuning

Penyakit kuning pada bayi memang bukan hal yang aneh. Pada umumnya bayi yang baru lahir akan mengalami kondisi penyakit kuning bahkan setelah 24 jam. Gejala yang akan muncul diantaranya yaitu kulit yang berwarna kuning selain itu di bagian putih mata juga akan ikut menguning. Jika hal ini terjadi tentu saja Anda harus segera mencari solusinya. Karena masalah penyakit kuning yang dibiarkan begitu saja akan menimbulkan berbagai masalah nantinya.

Ada beberapa cara yang paling ampuh untuk bunda jadikan pilihan dalam mengatasi masalah kuning pada bayi. Berikut kami berikan informasinya untuk Anda bagaimana cara paling ampuh mengatasi bayi kuning yang Anda perlu tahu. Cek langsung informasi lengkapnya di bawah ini!

Cara Paling Ampuh Mengatasi Bayi Kuning

Berikan cairan untuk menghindari dehidrasi

Kondisi dehidrasi pada bayi bisa menjadi pemicu beragam penyakit salah satunya adalah penyakit kuning. Karena itu bunda harus benar – benar memperhatikan kondisi bayi. Berikan saja air cairan sesering mungkin. Untuk bayi biasanya ASI bisa bunda berikan 2 – 3 jam sekali. Akan tetapi saat baru dilahirkan bayi bisa menyusu setiap 1 jam sekali. Bunda bisa lakukan konsultasi dengan dokter mengenai frekuensi pemberian ASI. Paling penting jangan menyepelekan akan tetapi juga jangan berlebihan karena lambung bayi ukurannya kecil dimana fungsinya juga masih belum optimal. Sehingga lakukan sesuai instruksi dokter atau bidan.

Fototherapi

Cara paling ampuh mengatasi bayi kuning yang lain adalah dengan teknik fototherapi. Teknik ini hanya bisa dilakukan di rumah sakit. Caranya dengan Anda menyinari tubuh bayi dengan cahaya tertentu berwarna biru sementara bagian mata bayi Anda tutup. Teknik ini memang cukup ampuh untuk mengatasi penyakit kuning pada bayi. Akan tetapi ada juga efek sampingnya yaitu membuat kulit bayi jadi kuning dan kemerahan.

Jemur bayi dibawah matahari

Bayi yang baru dilahirkan pada umumnya disarankan oleh dokter untuk menjemur dibawah matahari. Hal ini dilakukan untuk mengatasi penyakit kuning karena vitamin D dari sinar matahari pagi diklaim dapat membantu menghilangkan gejala kuning pada tubuh bayi. Tindakan ini hanya dapat menyembuhkan penyakit fisiologis karena penyakit kuning patologis dikarenakan faktor tertentu perlu perawatan dari dokter. Bunda bisa jemur bayi di halaman sekitar pukul 6 – 9 pagi. Anda jemur selama 30 menit dan paling lama 45 menit saja. Tutup mata bayi dengan handuk atau kacamata agar sinar matahari tidak mengenai matanya secara langsung.

Ramuan jahe

Rimpang ini mengandung berbagai macam nutrisi seperti vitamin A, vitamin C, zingerol, zingiberol, sineol dan masih banyak yang lainnya. Jahe juga sering dimanfaatkan untuk obat tradisional karena diklaim ampuh mengatasi berbagai penyakit. Penyakit kuning pada bayi juga bisa disembuhkan dengan mengonsumsi ramuan jahe secara rutin.

Cara membuat ramuan jahe juga sangat mudah. Anda perlu larutkan ½ sendok teh bubuk jahe ke dalam secangkir air hangat. Kemudian Anda saring sehingga diperoleh sari jahe. Anda bisa berikan pada si kecil selagi masih hangat. Anda bisa berikan secara rutin jika memang bayi Anda dibawah 6 bulan baiknya Anda konsultasikan dengan dokter sebelum memberikan ramuan ini.

Demikian bagaimana cara paling ampuh mengatasi bayi kuning yang dapat Anda terapkan. Semoga informasi yang kami berikan diatas menjadi informasi yang bermanfaat.

Share this Post!

About the Author : Abdul Muis

0 Comment

Leave a Comment

Your email address will not be published.

0