Kenali Beberapa Benjolan di Payudara dan Penyebabnya

Terkadang yang kita tahu ketika dibagian sekitar payudara terdapat benjolan, pastilah terpikir bahwa itu kanker, padahal kita harus tau bahwa tidak semua benjolan itu merupakan kanker. Daerah sekitar payudara memang rentan terdapat benjolan baik yang disertai rasa sakit ataupun tidak sakit sama sekali. Salah satu cara agar kita mengetahui ada sesuatu yang tidak beres di area sekitar payudara yaitu dengan mengenali jaringan payudara kita. Dan beberapa sebab mengapa di area sekitar payudara terdapat benjolan, bisa anda ketahui dengan memperhatikan hal-hal berikut ini.

4 Benjolan Di Payudara dan Penyebabnya.

  1. Kista.

Salah satu penyebab terjadinya perubahan di dalam jaringan payudara adalah kista atau fibrosis. Pada umumnya kista tidak berbahaya selama masih bersifat jinak. Kista ini merupakan jaringan fibrosa yang padat yang bentuknya menyerupai jaringan ligamen. Bagian payudara yang banyak terdapat fibrosis akan terasa lebih kenyal dan kencang. Kista biasanya bentuknya bulat dan berisi cairan. Seringkali kista ini menyerang

wanita pada usia 40-50 tahun. Kista akan berkembang ketika memasuki masa menstruasi. Akan tetapi kista yang muncul di payudara bukan diakibatkan karena menstruasi.

  1. Pembekuan Darah di Payudara.

Kondisi ini memang jarang ditemukan. Saat terjadi pembekuan darah yang terdapat dibawah kulit menimbulkan benjolan disisi luar atau dibawah puting payudara. Saat anda meraba atau menekan akan timbul rasa sakit, hal ini terjadi akibat olahraga yang berlebih serta penggunaan Bra yang terlalu ketat. Namun jangan khawatir, karena kondisi ini akan hilang dengan sendirinya. Cobalah cek kesehatan payudara anda dengan rutin setiap hari. Jika anda menemukan perubahan yang tak juga hilang dalam jangka waktu lama, segeralah periksakan diri anda ke dokter spesialis.

  1. Tumor.

Kita mengetahui ada jenis tumor ganas dan tumor jinak. Dan yang sering menjadi penyebab benjolan di payudara adalah tumor jinak. Pada umumnya ketika wanita berusia 20 tahun keatas, sering mengalami tumor jinak ini. Tumor jinak ini terdiri dari jaringan kelenjar payudara dan jaringan ikat, serta memiliki ukuran dan jenis yang berbeda-beda. Bentuknya pun beragam ada yang kencang dan juga halus. Walaupun tumor jinak ini belum masuk dalam kategori jenis tumor yang berbahaya, namun tetap saja harus anda waspadai, karena bisa jadi tumor jinak tersebut akan terus berkembang menjadi tumor ganas.

  1. Menstruasi.

Saat wanita menstruasi terjadi perubahan pada hormon dalam tubuh dan sangat berpengaruh terhadap hormon disekitar jaringan payudara. Maka tak heran jika saat haid payudara akan membengkak dan terkadang juga terasa agak sakit. Hal ini disebabkan banyaknya cairan dibagian dada yang diakibatkan oleh hormon.

Itulah tadi beberapa benjolan disekitar payudara yang seringkali  membuat para wanita khawatir. Sebelum anda melakukan pemeriksaan lebih lanjut, alangkah baiknya untuk memeriksanya sendiri. Karena terkadang benjolan dipayudara tersebut bisa juga hilang. Jadi, jangan panik dulu!

Share this Post!

About the Author : Diana Adiatie

0 Comment

Leave a Comment

Your email address will not be published.

0