5 Anggapan Keliru Saat Makan Buah

Buah merupakan sumber serat sehat yang banyak dibutuhkan oleh tubuh, didalam buah terkandung berbagai macam vitamin dan kaya akan antioksidan yang mampu mencegah berbagai macam penyakit. Kita disarankan untuk mengkonsumsi buah setiap harinya agar kita bisa mendapatkan manfaat bagi tubuh. Banyak keunggulan jika kita memakan buah-buahan dibandingkan jika kita banyak memakan makanan yang hanya mengandung bahan kimia didalamnya. Namun ada beberapa hal yang perlu kita cermati saat kita mengkonsumsi buah, agar segala nutrisi dan kandungan yang terdapat dalam buah bisa kita ambil gunanya dengan tepat.

5 Anggapan keliru saat kita memakan buah.

  1. Kesalahan dalam mencampurkan jenis buah.

Ini yang sering terjadi saat kita mencoba memberi variasi dalam memakan buah, terkadang kita berfikir jika kita memakan dua atau tiga jenis buah sekaligus kita akan mendapatkan banyak macam nutrisi dan vitamin dari masing-masing buah tersebut, namun jika kita tidak begitu paham akan kandungan dari macam-macam buah,  justru akan membuat kita salah beranggapan. Misalnya kita memakan buah apel dangan jeruk yang berukuran sama, kandungan kalori dari buah tersebut akan sama jumlahnya sehingga akan banyak kalori yang tertimbun dalam tubuh kita.

  1. Selalu mengupas kulit buah.

Anda perlu tahu bahwa kulit buah mengandung serat yang penting serta mencegah anda dari bahaya kanker dan kegemukan, kulit pada buah apel misalnya didalam kulit apel justru banyak mengandung vitamin C dan A. Sebaiknya anda memakan buah organik karena resiko akan paparan pestisida lebih rendah, dibandingkan dengan buah biasa. Jika memang anda mengkonsumsi buah yang biasa maka cucilah bersih kulitnya agar kandungan pestisida dikulit bisa di minimalisir.

  1. Anggapan banyak makan buah itu baik.

Seperti yang kita tahu bahwa buah itu memang penting bagi tubuh kita apalagi bagi anda yang sedang menjalani program penurunan berat badan, pastilah setiap hari perut kita diganjal dengan banyak memakan buah, agar kita terbebas dari rasa lapar tentunya. Menjadikan buah sebagai pengganti nasi memang menjadi jalan terbaik guna mengurangi efek karbohidrat dan ketimbang kita banyak ngemil makanan yang banyak mengandung lemak dan kalori tinggi, maka buah dan sayur menjadi incaran yang paling tepat, namun jika setiap hari kita memakan buah dalam jumlah yang berlebihan tentu akan berdampak kurang baik dikarenakan kandungan gula alami dalam buah dapat menumpuk dan membanjiri aliran darah dengan glokusa yang malah akan menambah berat badan anda secara perlahan.

  1. Anggapan semua buah itu sama.

Jika anda beranggapan bahwa buah yang satu dengan yang lainya itu memiliki kandungan yang sama adalah sebuah kesalahan besar, karena meskipun buah A dengan buah B memiliki rasa yang sama baik asam dan manisnya kandungan akan gula, karbohidrat, serta serat itu berbeda. Buah yang baik bagi tubuh adalah buah yang banyak mengandung polifenol dan rendah akan indeks glikemik, contohnya buah blueberry, dengan warna kulit buah yang gelap dan mengandung polifenol tinggi.

  1. Seharusnya buah dikombinasikan bersama protein.

Buah-buahan itu memang menyehatkan akan tetapi jika tidak dibarengi dengan zat lain seperti protein yang dibutuhkan tubuh sehingga bisa menyeimbangkan gula darah dalam tubuh. Buah berperan dalam peningkatan jumlah hormon insulin sedang protein bekerja meningkatkan jumlah hormon glukagon sehingga kedua hormon ini akan bergotong royong guna menstabilkan kadar gula darah anda.

Seharusnya kita memang tidak boleh mengkonsumsi apapun secara berlebihan karena pasti ada dampak yang muncul setelah itu. Semoga setelah anda mengetahui bagaimana mengkonsumsi buah agar dapat berfungsi secara maksimal, mulai saat ini anda bisa lebih teliti lagi dalam mengkonsumsi buah-buahan.

Share this Post!

About the Author : Diana Adiatie

0 Comment

Leave a Comment

Your email address will not be published.

0