Wah, Ternyata Penyakit Ini Bisa Disembuhkan dengan Jahe Lho!

Tanaman Herbal yang satu ini memang terkenal dengan manfaatnya yang begitu banyak untuk kesehatan. Tidak mengherankan memang jika jahe dimanfaatkan untuk bahan obat tradisional dari jaman dahulu kala. Jahe berfungsi untuk dijadikan penghangat tubuh, mengatasi mual, nyeri otot, batuk, hingga pencegahan terhadap kanker. Senyawa kimia yang ada pada jahe dipercaya dapat menimbulkan efek positif pada usus dan lambung anda.

Senyawa yang ada pada jahe juga dapat meredam mual karena memberikan efek tenang pada otak dan saraf. Namun dibalik semua manfaat yang terkandung pada jahe, jahe juga memiliki efek samping jika dikonsumsi secara berlebihan seperti diare, nyeri pada ulu hati, hingga perut menjadi tidak nyaman. Nah berikut akan kami bahas manfaat jahe untuk mengobati berbagai macam penyakit.

 Jahe Bisa Mengatasi Penyakit Ini Lho

  1. Pusing

Jika anda merasa pusing dan berputar atau biasa disebut vertigo dan juga keadaan kepala terasa ringan, anda bisa mengkonsumsi jahe untuk meredakan pusing yang anda rasakan. Jahe juga dapat menyembuhkan pusing yang bisa menyebabkan anda merasa kehilangan keseimbangan dan melayang. Selain itu mual yang ditimbulkan oleh rasa pusing juga bisa dihilangkan dengan jahe.

  1. Osteoarthritis

Kondisi peradangan sendi yang terjadi dapat diatasi dengan mengkonsumsi jahe karena dapat mengatasi rasa sakit yang ditimbulkannya. Jahe yang anda konsumsi dapat memicu tubuh untuk memproduksi asam salisilat dimana zat ini bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan yang ditimbulkan karena suatu keluhan.

  1. Nyeri Menstruasi

Nyeri yang terjadi pada saat menstruasi kerap dialami para wanita, namun anda jangan khawatir karena ekstrak jahe yang anda konsumsi empat kali sehari bisa mengobati rasa sakit tersebut. Minumlah ekstark jahe pada tiga hari pertama saat menstruasi. Dengan kemampuannya menghilangkan rasa nyeri, jahe bisa disamakan seperti mengkonsumsi asam mefenamat dan obat ibuprofen.

  1. Pencernaan

Kebanyakan mungkin menggunakan buah untuk melancarkan dan mengatasi masalah pencernaan. Ternyata selain buah jahe juga bisa digunakan untuk mengatasi masalah pencernaan karena jahe memiliki sifat anti peradangan. Namun jangan berlebihan mengkonsumsinya karena malah bisa menimbulkan diare.

  1. Mual dan Muntah Usai Operasi

Senyawa dalam jahe bisa digunakan untuk menghilangkan rasa mual dan juga mencegah muntah yang bisa disebabkan oleh proses operasi. Mengkonsumsi jahe sebelum dilakukan tindakan operasi dapat mengurangi efek tersebut. Selain langsung dikonsumsi, minyak yang terbuat dari jahe bisa digunakan untuk menghilangkan rasa mual dengan mengoleskannya pada pergelangan tangan dan sesekali menghirup aroma jahe tersebut.

  1. Masalah Pernafasan

Masalah pernafasan yang disebabkan oleh batuk dan pilek dapat diringankan dengan mengkonsumsi jahe. Ini dikarenakan jahe merupakan ekspektoran alami yang dapat memecah dan menghilangkan dahak sehingga mudah dikeluarkan dan sistem pernafasan kembali normal.

Untuk beberapa kalangan harus berhati-hati dalam mengkonsumsi jahe yaitu penderita diabetes, ibu hamil, dan juga bagi penderita organ hati dan yang sedang mengalami pendarahan. Sebaiknya untuk melakukan pengobatan sendiri, konsultasikan terlebih dahulu pada dokter.

 

Share this Post!

About the Author : Diana Adiatie

0 Comment

Leave a Comment

Your email address will not be published.

0